Cara Menanam Oyong

Cara Menanam Oyong

Oyong pada dasarnya mudah hidup di mana saja. Tanaman ini termasuk tanaman merambat, yang membutuhkan iklim panas, dengan ketersediaan air yang cukup sepanjang musim. Lingkungan tumbuh yang ideal bagi tanaman oyong adalah daerah yang bersuhu 18–24 °C, dan kelembaban 50-60%. Cara menanam tanaman oyong adalah tanam langsung dengan memasukan 2 biji kedalam lubang sedalam 1- 2 cm kemudian masukan ke tanah. Panen mulai usia 3 bulan dan diulangi setiap seminggu sekali. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, tanaman ini membutuhkan tanah yang subur, gembur, banyak mengandung humus, beraerasi dan berdrainase baik, serta mempunyai pH 5,5–6,8. Tanah yang paling ideal bagi budidaya oyong adalah jenis tanah liat berpasir, misalnya tanah latosol, aluvial, dan podsolik merah kuning. Oyong rentan terhadap serangan hama kumbang daun, ulat grayak, ulat tanah, lalat buah, busuk daun, embun tepung, antraknos, layu bakteri dan virus mosaik.

Cara Menanam Oyong
Cara Menanam Oyong

Oyong Sudah Berbuah

Menurut masyakarat Oyong juga bisa menurunkan kadar gula darah. Masyarakat Jawa barat yang biasa mengkonsumsi sebelum naik haji. Manfaat ini berasal dari kandungan cucurbitasin di dalam bijinya. Tak hanya berkasiat bagi diabetes, oyong dapat menyembuhkan penyakit semisal, Radang usus, asma hingga meningkatkan air susu ibu (ASI).  Mengkonsumsi Oyong juga untuk mencegah pilek, meredakan radang sendi, nyeri otot, serta menormalkan siklus menstruasi. Daging buahnya bisa digosokkan ke kulit untuk membuang sel mati. Namun manfaat ini akurat belum karena penelitiannya belum terlalu jauh. Untuk setiap 100 gram, oyong mengandung 1,09 g protein, 17 mg kalsium, 1,6 mg zat besi, 5,6 lU vitamin A, 7 mg vitamin C.

BACA ARTKEL LAINNYA :  Buletin Diakonos Januari 2021

Apabila saudara ingin membantu untuk perkembangan STT Diakonos dapat menghubungi kontak kami yang tertera pada website atau datang langsung pada alamat yang sudah tercantum. Bagikan dan sebarkan agar lebih bermanfaat kepada orang lain. Tuhan Yesus memberkati.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *