Spread the love

Berkat Persahabatan

Bacaan Alkitab : Kejadian 23

Oleh : Dr. Pujiono, M.Pd.K.

Ketika menoleh sebentar ke belakang kami melihat perjalanan hidup kami cukup berliku-liku. Sejak SMP sampai kuliah, lalu pelayanan dan berkeluarga saya hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Hidup seperti itu tidak dapat membuat kami merasa sedih dan susah. Namun, ada satu hal berharga yang kami petik melalui perjalanan hidup kami, yaitu penyertaan dan karya Tuhan dalam kehidupan dan pelayanan kami. Allah juga memberikan banyak banyak rekan sekerja dan sahabat dalam pelayanan kami. Pada usia 127 Tahun Sara meninggal didaerah asing yaitu Hebron, tanah Kanaan. Kematian Sara membuat Abraham terpukul dan berduka. Selama ini Sara telah menemaninya dalam suka dan duka. Mereka mengalami bagaimana janji Tuhan tentang ahli waris digenapi dalam kehidupan mereka. Semua kenangan tentang Sara membuat Abraham meratap dan menangis.

Untungnya Persahabatan

Sebagai rasa hormat dan terima kasihnya, Abraham ingin memberikan penguburan yang layak bagi Sara. Karena itu, ia meminta izin kepada bani Het untuk menguburkan istri tercintanya di tanah asing. Abraham juga membelinya agar diperbolehkan membeli sebidang ladang dan sebuah gua Makhpela untuk kuburan Sara. Akan tetapi, Efron bin Zohar, sang pemilik, ingin memberikan kepada Abraham secara gratis. Bagi Efron persahabatan dan persaudaraan dengan Abraham jauh lebih bernilai daripada sebidang tanah dan sejumlah uang.

Manfaat Bersahabat

Kisah kematian Sara dan pertolongan Efron adalah kisah persaudaraan dan cinta kasih yang melampaui sekat dan batas suku, bangsa, bahasa dan ikatan darah. Inilah persaudaraan sejati yang dikehendaki Tuhan kepada manusia. Manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia perlu berelasi dengan sesamanya. Entah itu tetangga, saudara, teman seiman, dan lainnya. Persaudaraan dan persahabatan itu sungguh penting. Allah menghendaki setiap orang dapat berbagi dengan sesamanya dalam keagamaan.