Spread the love

Lima Cara Pandang Dalam Mempelajari Alkitab

Alkitab adalah karya Allah dan sekaligus karya manusia. Alkitab sampai kepada kita sebagai Firman Allah sepenuhnya. Karena itu orang Kristen percaya bahwa isi Alkitab adalah hal-hal yang ingin Allah sampaikan kepada kita. Allah adalah penulis utama di balik kata-kata yang kita baca. Di sisi lain, isi Alkitab juga adalah karya manusia. Alkitab ditulis oleh banyak orang berbeda dan juga dalam tempat serta waktu yang berbeda yang hidup pada zamannya sendiri (Ibrani 1:1). Jadi kita perlu memperhatikan kedua hal penting ini ketika mempelajari Alkitab. Inilah lima cara pandang dalam mempelajari Alkitab yang dapat membantu kita. Ketika membaca dan mempelajari Alkitab, kita perlu melihat ke lima arah yakni ke atas, ke bawah, ke belakang, ke depan, ke saat ini.

Penjelasan Ke Lima Arah

Lihat Ke Atas adalah karena Alkitab adalah Firman Allah kita membacanya dengan sikap hormat dan rendah hati. Kita membacanya untuk mengenal Allah lebih dalam dan lebih mengasihi-Nya serta lebih taat kepadanya.

Lihat Ke Bawah adalah karena Alkitab juga tulisan manusia, maka kita membacanya dengan teliti dan mempelajarinya, dengan bantuan metode penelitian yang sesuai. Para penulis memiliki tujuan utama dan pendengar pertama dalam penulisan mereka. Hal ini perlu dipelajari dengan teliti.

Lihat Ke Belakang dan Kedepan adalah karena Allah telah memberikan kita Alkitab secara keseluruhan, maka kita perlu menafsirkan suatu ayat/perikop dalam terang isi Alkitab secara keseluruhan. Sangat penting untuk mengetahui arti ayat dalam suatu perikop, serta posisinya dalam konteks pernyataan sejarah keselamatan Allah secara keseluruhan dalam Alkitab.

Lihat Ke Saat Ini adalah Allah masih berbicara kepada kita hingga sekarang melalui Firman-Nya, jadi kita perlu menerapkannya untuk diri kita sendiri, gereja dan dunia di sekitar kita. Kita mempelajari Alkitab untuk memahami serta menggunakannya. Hal ke lima yang kita lakukan adalah Lihat Saat ini, dan bertanya bagaimana kita dapat membangun jembatan dari dunia Alkitab menuju dunia saat ini, serta menunjukkan hubungan dan otoritasnya di sini dan saat ini.

Apabila saudara ingin membantu untuk perkembangan STT Diakonos dapat menghubungi kontak kami yang tertera pada website atau datang langsung pada alamat yang sudah tercantum. Bagikan dan sebarkan agar lebih dikenal dan bermanfaat kepada orang lain. Tuhan Yesus memberkati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *