Spread the love

Sejarah STT Diakonos Banyumas

STT Diakonos Banyumas lahir dari sebuah kerinduan beberapa hamba Tuhan yang melayani di denominasi gereja yang berbeda dan beberapa alumni yang baru menyelesaikan studi teologi. Kerinduan dimaksud karena belum tersedianya sebuah wadah pendidikan teologi yang berorientasi oikumenis dan yang menyediakan program pendidikan PAK di wilayah eks. Karesidenan Banyumas yaitu Kab. Banyumas, Purbalingga, Cilacap, dan Banjarnegara. Hal ini merupakan fakta bahwa banyak tenaga pendidik (guru) agama Kristen yang masih banyak berijasah PGAK, D-2, D-3 menjadi pemikiran tersendiri bagi para Faunders untuk memperlengkapi mereka dengan kemampuan akademis yang memadai supaya mereka dapat bersaing di tengah dunia profesinya dengan mantap.

Selain pergumulan tersebut, kami juga melihat bahwa gereja memasuki milenium ketiga tengah terlibat suatu proses perubahan sosial yang cepat karena perambahan globalisasi yang tidak mungkin lagi dielakkan siapapun. Situasi ini menuntut tersedianya tenaga rohaniawan dan para intelektual Kristen yang mampu menjadi pelayan Tuhan (Gembala/Pendeta, Penginjil, Konselor, maupun Guru PAK) yang handal dengan berpikir dan bertindak secara jernih, sehingga mampu memberi kontribusi teologis yang kreatif dan kritis. Dengan demikian gereja akan dapat secara relevan menjawab kompleksitas masalah yang harus dihadapi karena perubahan jaman. Terlebih bila terjun di masyarkat pedesaan seorang hamba Tuhan selayaknya diperlengkapi dengan ketrampilan umum yang dapat diterapkan pada masyarakat dengan tidak melupakan panggilannya untuk memberitakan kabar kesukaan.

Melalui pergumulan tersebut, maka dengan segala keterbatasan yang ada dan melalui perjuangan awal yang berat akhirnya berdirilah STT Diakonos Banyumas pada tanggal 21 Oktober 2002 yang bernaung dalam wadah Yayasan Pelayanan Kasih (YPK) Jakarta dengan Akta Notaris Garnando Samuelson S., SH, nomor 1 tanggal 2 Agustus 2002 dan sudah terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat No. 31/2003 serta sudah terdaftar dengan SK. Depag Kanwil DKI Jakarta No. WJ/7/BA.01.1/2177/2003. Sejak tanggal 2 April 2007 berganti nama menjadi Yayasan Pohon Kasih (YPK) Jakarta NPWP : 02.589.715.8-034.000 dengan Akta Notaris Iwan Halimy, S.H., M.H. Nomor 16 tanggal 16 Maret 2007 dan sudah terdaftar dengan SK. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : C-1133.HT.01.02.TH 2007.

Dalam perkembangannya STT Diakonos Banyumas pada tanggal 22 April 2004 telah berstatus Terdaftar di Depag RI dengan SK Dirjen Bimas Kristen Depag RI No. DJ.III/Kep/HK.00.5/67/1198/2004. Dengan status tersebut maka STT Diakonos Banyumas sudah dapat melaksanakan Ujian Negara bagi mahasiswanya dan semakin mantap melangkah ke depan dengan segala sesuatunya yang harus segera diperlengkapi demi lancarnya kegiatan perkuliahan seperti layaknya sebuah lembaga pendidikan tinggi. Memasuki tahun ketujuh, perkuliahan STT Diakonos sudah tiga kali pindah; Perkuliahan pertama bertempat di gedung SD Kristen Banyumas. Memasuki tahun kedua, perkuliahan dipusatkan di sekretariat Jalan Kawedanan No. 262 Sudagaran-Banyumas, yang juga sebagai asrama bagi mahasiswa reguler (masih kontrak), dan memasuki tahun ketujuh tepatnya pada bulan September 2009 pindah ke Eks. SMK Maranatha Tanjung Purwokerto sebagai tempat perkuliahan sekaligus asrama, mengingat di Banyumas sudah tidak memadai lagi.