Spread the love

PENGANTAR PRODI TEOLOGI

Selamat bergabung di Program Studi Teologi Sekolah Tinggi Teologi Diakonos Banyumas. Prodi Teologi STT Diakonos Banyumas terakreditasi BAN-PT dengan SK. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 773/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2015.

Pendahuluan

Belajar teologi adalah merupakan panggilan khusus sekaligus merupakan tantangan iman bagi orang Kristen. Allah berfirman kepada Hosea bahwa, umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah (Hos. 4:6). Lalu bagaimana cara kita dapat mengenal Allah? Allah hanya dapat dikenal sejauh Allah mau menyatakan Diri-Nya kepada kita. Oleh sebab itu Allah memperkenalkan Diri-Nya kepada manusia baik secara umum, maupun khusus. Secara umum adalah melalui alam semesta, sejarah manusia dan hati nurani. Sedangkan secara khusus yaitu melalui Yesus Kristus sebagai firman yang hidup dan melalui Alkitab sebagai firman yang tertulis.

Dewasa ini kita dapat melihat perkembangan teologi yang juga begitu pesat perkembangannya. Sebagai dampak dari perkembangan teologi, maka muncullah berbagai pandangan teologis yang menyodorkan ide-ide serta konsep mereka dalam berteologi. Mereka dengan mudah memperkenalkan Allah, Kristus serta berbagai doktrin Kristen menurut cara pandang mereka dan bukan menurut pandangan Allah sebagaimana dinyatakan dalam Alkitab.

Hal ini melahirkan paradigma yang keliru dalam belajar serta memahami Allah dan pada puncaknya, Allah yang mereka pahami adalah Allah menurut ide mereka. Iman mereka bertumbuh dalam ide mereka bukan dalam pengenalan yang benar akan Allah. Disinilah perlunya filterisasi iman Kristen dengan cara belajar teologi secara serius dan berkesinambungan, alkitabiah dan berkarakter Kristus. Sekolah Tinggi Teologi Diakonos Banyumas terbeban dan terpanggil untuk menjadi wadah pembentukan para murid Kristus yang siap diperlengkapi menjadi hamba Kristus yang berkompeten dan berdedikasi tinggi dalam melayani Tuhan. Dengan demikian setiap pemuda Kristen yang sudah diperlengkapi untuk menjadi hamba Tuhan yang siap melayani Tuhan baik di kota, maupun di desa. Inilah visi dan misi Sekolah Tinggi Teologi Diakonos Banyumas yakni memperlengkapi, mempersiapkan hamba Tuhan yang berkarakter Kristus, alkitabiah dan misioner dengan motto beriman dan berilmu untuk melayani.