Spread the love

Menyusun Kerangka Khotbah

Pada hari yang ke empat dalam acara Pelatihan Khotbah Langham dari hari pertama sampai terakhir hari ke empat ada beberapa materi yang sudah disampaikan dan kali ini kami uraikan tentang materi Menyusun Kerangka Khotbah. Tujuannya adalah peserta mampu menyusun kerangka Khotbah yang setia, jelas, dan relevan yang disingkat SeJeVan dengan menggunakan gambaran peta dalam perjalanan. Proses pengamatan menghasilkan banyak data dan pemikiran yang kita tulis dalam banyak lembaran kertas sehingga bisa saja semua terlihat rumit! Sekarang kita harus mengatur semua catatan yang banyak ini membentuknya menjadi khotbah yang tepat, jelas, dan relevan. Untuk itu, kita memerlukan sebuah gambar yang dapat menolong kita.

Ilustrasi Khotbah Melalui Peta

Ketika menyiapkan khotbah dari sebuah perikop Alkitab, kita seperti memasuki suatu Negara bagaikan kita melakukan perjalanan dari pulau ke pulau, artinya adalah setelah kita menemukan sebuah topik dalam perikop untuk tema khotbah (Negara) kita membagikan dalam poin-poin penting yaitu pulau, dan kemudian kita melanjutkan perjalanan dari pulau ke kota artinya poin-poin penting tersebut kita kembangkan menjadi bahan tambahan dalam khotbah. Kemudian kita memeriksa dimana letak negara yang kita kunjungi dalam peta global yang lebih luas, dan di akhir perjalanan kita jangan lupa membeli oleh-oleh artinya adalah setelah kita membuat khotbah dari thema, isi dan ilustrasi khotbah kita juga harus memberikan sebuah penutup khotbah yang bagus. Agar apa yang dikhotbahkan dapat memberkati para pendengar, dan menjadikan para pendengar pelaku-pelaku Firman Tuhan.

Apabila saudara ingin membantu untuk perkembangan STT Diakonos dapat menghubungi kontak kami yang tertera pada website atau datang langsung pada alamat yang sudah tercantum. Bagikan dan sebarkan agar lebih dikenal dan bermanfaat kepada orang lain. Tuhan Yesus memberkati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *