Spread the love

Seminar Materi Filsafat Pendidikan

Pada tanggal 18 sampai 20 April 2018 Sekolah Tinggi Teologi Diakonos kedatangan seorang pengajar Filsafat Pendidikan Bpk. Rafael Siagan, S.Th. Filsafat  Pendidikan sebenarnya adalah dua istilah yang mempunyai makna sendiri. Akan tetapi ketika digabungkan akan menjadi sebuah tema yang baru dan khusus. Filsafat pendidikan tidak dapat dipisahkan dari ilmu filsafat secara umum. Filsafat pendidikan memandang kegiatan pendidikan sebagai objek yang dikaji. Ada banyak defisini mengenai filsafat pendidikan tetapi akhirnya semua mengatakan dan mengajukan soal kaidah-kaidah berpikir filsafat dalam rangka menyelesaikan permasalahan pendidikan. Upaya ini kemudian menghasilan teori dan metode pendidikan untuk menentukan gerak semua aktivitas pendidikan. Bpk. Rafael Siagan, S.Th. menyampaikan materi Filsafat Pendidikan dengan begitu baik sampai beliau tinggal di STT Diakonos tiga hari untuk memberikan ilmunya kepada mahasiswa mahasiswi STT Diakonos.

Manfaat Belajar Filsafat Pendidikan

Pendidikan dapat dibedakan menjadi dua wilayah yaitu humanisme dan akademik. Sisi humanisme mengembangkan manusia dari segi ketrampilan dan praktik hidup. Sementara aspek akademik menekankan nilai kognitif dan ilmu murni. Keduanya merupakan aspek penting yang sebenarnya tidak dapat dipisahkan. Filsafat pendidikan berperan untuk terus menganalisa dan mengkritisi aspek akademik dan humanis demi sebuah pendidikan yang utuh dan seimbang. Filsafat pendidikan akan terus melakukan peninjauan terhadap proses pendidikan demi perkembangan pendidikan yang mencetak manusia handal. Kiranya apa yang disampaikan oleh Bpk. Rafael Siagan, S.Th. ini tidak sia-sia yaitu memberikan dampak yang positif mengenai Filsafat Pendidikan di STT Diakonos Banyumas.

Apabila saudara ingin membantu untuk perkembangan STT Diakonos dapat menghubungi kontak kami yang tertera pada website atau datang langsung pada alamat yang sudah tercantum. Bagikan dan sebarkan agar lebih dikenal dan bermanfaat kepada orang lain. Tuhan Yesus memberkati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *