Spread the love

Tanaman Pepaya Tersubur

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, “papaja”, yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, “papaya”. Dalam bahasa Jawa pepaya disebut “kat├Ęs” dan dalam bahasa Sunda “gedang”. Buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalapan (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil. Oleh orang Manado, bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan. Getah pepaya (dapat ditemukan di batang, daun, dan buah) mengandung enzim papain, semacam protease, yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang.

Bibit Pepaya Terbaik

Untuk memproduksi papain, bahan baku yang perlu dipersiapakan adalah getah pepaya. Sementara bahan penolongnya berupa air dan sulfit. Air digunakan sebagai pengencer getah pepaya, sedangkan sulfit digunakan sebagai pelarut bahan kimia. Sekolah Tinggi Teologi Diakonos Banyumas memberikan ilmu tambahan kepada para mahasiswa-mahasiswinya dengan memanfaatkan lahan perkebunan yang ada. Dengan bercocok tanam akan membuat mahasiswa lebih mampu untuk hidup mandiri dan bertahan hidup. Metode ini sangat jarang ditemui di dunia pendidikan karena yang ada hanya memberikan secara teori saja. Tuhan Yesus luar biasa karena memberikan segala yang dibutuhkan sehingga kita dapat mencukupkan kebutuhan makan STT Diakonos dengan hasil perkebunan yang ada. Hasil yang didapat dikelola tujuannya agar mahasiswa-mahasiswi dapat mengolah hasil tanaman untuk mendapatkan bahan pangan yang lain. Kiranya dapat bermanfaat kepada semua yang membaca tulisan ini dan menjadikan berkat.

Apabila saudara ingin membantu untuk perkembangan STT Diakonos dapat menghubungi kontak kami yang tertera pada website atau datang langsung pada alamat yang sudah tercantum. Bagikan dan sebarkan agar lebih dikenal dan bermanfaat kepada orang lain. Tuhan Yesus memberkati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *