Spread the love

Penjelasan Akademis Perkuliahan Semester Gasal 2020/2021

Salah satu dampak dari Pandemi virus Corona bagi dunia pendidikan adalah cara dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang berbeda dari sebelumnya. Kebijakan Physical distancing harus disikapi dengan metode pembelajaran yang berbeda, sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Oleh sebab itu STT Diakonos pada Rabu, 26 Agustus 2020 memberikan pembekalan kepada peserta didik sejumlah 38 orang (semester III, V, dan VII) mengenai sistematika perkuliahan semester Gasal 2020/2021. Disampaikan oleh Dr. Sutoyo, M.Pd.K., (Puket 1) bersama dengan Juniadi, SH (Kepala BAAK). Adapun penjelasan akademis tersebut berisi mengenai model-model perkuliahan yang akan dilaksanaan, pengadaan diktat oleh dosen pengampu mata kuliah, pembentukan group WA sebagai sarana komunikasi siswa dengan dosen pengampu, monitoring perkuliahan, pengenalan aplikasi yang akan digunakan dalam pembelajaran, serta informasi pengisian KRS dari BAAK.

Penambahan Internet

Perubahan Kegiatan Belajar Mengajar yang berubah, dari tatap muka menjadi daring membuat kemungkinan penggunaan internet meningkat. Untuk mengantisipasi hal ini, pada tanggal 1 September 2020 STT Diakonos meningkatkan kualitas internetnya dari 20 mbps menjadi 50 mbps. Dengan kualitas internet yang telah diubah, diharapakan kegiatan belajar mengajar secara daring dapat berjalan dengan baik. Sehingga mahasiswa dapat menerima hak mereka, dan dosen dapat menunaikan kewajibannya.

Perkuliahan online

Perkuliahan semester Gasal 2020/2021 berbeda dengan perkuliahan Sebelum pandemi Covid 19. Jika sebelumnya perkuliahan dengan bertatap muka, perkuliahan di semester gasal tahun ini menggunakan sistem daring. Baik secara madiri (bagi yang memiliki gawai sendiri/laptop), maupun secara kolektif di kelas (layar LCD dilengkapi dengan sound system) dengan menggunakan panduan protokol kesehatan (menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan). Meskipun dengan berbagai kendala dan kekurangan yang diakibatkan dari teknologi, mahasiswa STT Diakonos tetap antusias dalam mengikuti perkuliahan secara daring. Aplikasi yang biasa digunakan oleh dosen-dosen STT Diakonos antara lain aplikasi Zoom, Google class room, Schoology, maupun melalui Whats App.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *